Feeds:
Posts
Comments

“Ma, pendeta itu sungguhan atau pake topeng sich?”
“Hush….. Yus, nakal kamu. Ya tentu itu sungguhan.” bisik mamanya di telinga Yus.
“Tapi kayaknya topeng, mam.” balas Yus kagak mo kalah.
“Eh, Yus, mama engga suka ah Yus ngomong seperti itu.”
Yus jadi diem. Eh koq kebetulan papanya Yus mengajak mama berkenalan dengan pendeta Todd.

“Mam, sini kenalin. Pendeta Tood, ini istri saya Laura.”
Mama dan pendeta Todd pun bersalaman.
“Eh… yang ini belom berkenalan.” kata papa menuju arah diriku.
“Yus, kenalan donk sama om Todd.” Yus pun membalas salam tangan pendeta Todd.

“Om, om…. boleh tanya om.” tanya Yus.
“Silahkan.”
“Topengnya beli dimana om?” Mama Yus hampir pingsan mendengar pertanyaan anaknya yang kagak tau diri itu. Pendeta Todd sendiri binung, apa maksudnya bocah kecil itu bertanya.

“Maksudmu topeng yang mana?” tanya pendeta Todd.
Mama dengan gemetar menarik punggung Yus untuk menyingkir. Eh dasar bocah, masih ingusan. Yus malah menjawab pertanyaan pendeta Todd.
“Topeng yang disitu.” tunjuk Yus kearah wajah pendeta Todd. Mama hampir pingsan untuk kedua kalinya. Papa hanya bengong aza. Kagak ngarti.

“Mama…..!!!!” teriak Yus memeluk tubuh mamanya. Dia ketakutan melihat wajah pendeta Todd yang dipandangnya seksama.
“Dasar bocah.” selutuk papa sambil mengajak pendeta Todd ke meja perjamuan. Kebetulan papa ngeliat Lars. “Lars, sini kenalin donk sama pendeta Todd.”

“Todd Bentley.”
“Lars.”
“Eh Todd, kapan anda akan berkotbah lagi di gereja kami?” Papa melotot mendengar pertanyaan Lars yang kayaknya kurang aturan. Masa memanggil pendeta Todd, tanpa tendeng aling-aling memanggil namanya. Pakai sebutan kak keq, om keq. Aduh anak remaja jaman sekarang emang begitu yach?

Advertisements

Catatan cuplikan dari kotbah Pdt Stephen Tong pada 6 Januari 2008 di Newton Life

Para Rasul dan Nabi mewakili Wahyu Allah dalam Perjanjian Lama dan Baru. Gereja-gereja dari semua generasi dibangun di atas pengajaran para rasul dan para nabi. Mereka adalah fondasi gereja, dengan Yesus Kristus sebagai batu penjuru. Ajaran para rasul dan para nabi semuanya menunjuk kepada Yesus Kristus. Kekristenan adalah Kristus.

Dan di atas fondasi gereja ini, Allah telah memberikan Gereja 3 pelayanan utama: penginjilan, pelayanan pastoral dan pengajaran. Mengkhotbahkan Injil adalah persyaratan pertama. Itu adalah panggilan untuk menjadi saksi bagi dunia sehingga orang berdosa dapat dibawa ke hadapan hadirat Allah. Setelah orang-orang ini datang ke gereja, kita perlu menggembalakan kerohanian mereka dan mengajarkan mereka doktrin yang benar. Khotbah itu seperti melahirkan anak. Gereja yang tidak memberitakan Injil adalah bunuh diri. Setelah anak lahir, dia perlu diasuh dan dididik sehingga dia dapat tumbuh, dewasa, dan menjadi sehat. Tetapi tidak baik hanya menjadi sehat tetapi tetap tidak tahu. Jika Anda tidak merawat anak, ia akan sakit. Jika dia tidak diajar, dia akan bodoh.
And upon these foundation of the church, God has given the Church 3 main ministries: evangelism, pastoral ministry and teaching. Preaching the gospel is the first requirement. It is the call to be witnesses to the world so that sinners might be brought before the presence of God. After these people come to the church, we need to pastor their spirituality and teach them the right doctrines. Preaching is like giving birth to a child. A church that does not preach the gospel is suicidal. After the child is born, he needs to be nurtured and educated so that he might grow up, mature and become healthy. But it is no good just to be healthy but remain ignorant. If you do not take care of the child, he will be sick. If he is not taught, he will be ignorant.

Orang-orang datang ke gereja melalui Injil dan tumbuh melalui pelayanan pastoral. Tetapi ini tidak cukup. Mereka harus belajar membedakan antara yang baik dan yang jahat. Jadi mereka perlu belajar doktrin. Rasul Paulus berkata bahwa dia tahu siapa yang dia percayai. Orang Kristen perlu memahami dasar iman mereka.

1. Ini adalah kehendak Tuhan

Setiap orang Kristen dituntut untuk mematuhi kehendak Tuhan. Pengkhotbah dapat mengkhotbahkan Injil dan setiap orang percaya juga dapat mengkhotbahkan Injil. Kita harus memiliki sikap serius terhadap kehendak Tuhan. Seberapa pentingkah kehendak Tuhan? John Calvin mengatakan tidak ada yang lebih besar dari kehendak Tuhan selain dari Tuhan sendiri. Tuhan adalah Tuhan semesta alam. Keinginannya lebih besar dari semua keinginan.

Jika kita menghormati Tuhan, kita akan taat pada kehendak-Nya. Keinginannya serius dan mendalam. Jika Dia tidak menghendaki, tidak ada langit dan bumi. Semua hal ada karena kehendak-Nya dalam penciptaan. Jika Dia tidak menghendaki, tidak ada keselamatan. Keselamatan terjadi karena kehendak Tuhan dalam penebusan. Karena kehendak Tuhan dalam penciptaan, semua hal ada. Karena kehendak Tuhan dalam penebusan, kita diselamatkan. Karena kehendak Tuhan dalam wahyu, kita dapat memahami kebenaran Tuhan. Kehendak Tuhan sangat besar dan mendalam. Karena itu kita tidak boleh mengambil nama Tuhan dengan sia-sia dan mengatakan kehendak Tuhan dengan sembarangan.

Kehendak Tuhan berbeda dari petunjuk Tuhan. Kehendak Tuhan adalah agar kita menjadi kudus. Tetapi dalam tuntunan Tuhan, beberapa akan menikah dan sebagian lagi tidak. Tetapi apakah sudah menikah atau belum, kita harus menjalani kehidupan yang suci. Demikian pula, adalah kehendak Tuhan bahwa kita memberitakan Injil. Beberapa dibimbing untuk menjadi pengkhotbah, beberapa tidak. Tetapi apakah kita adalah pengkhotbah atau bukan, kita harus mengkhotbahkan Injil. Seorang pengkhotbah memberitakan Injil sebagai profesinya, tetapi seorang Kristen yang normal berkhotbah tentang gaya hidupnya. Memberitakan Injil bukanlah bimbingan Tuhan, itu adalah kehendak Tuhan. Baik pengkhotbah atau awam, kita harus memberitakan Injil.

2. Itu adalah perintah Yesus Kristus

Yesus berkata jika kita mencintai-Nya kita akan mengikuti perintah-Nya. Orang Kristen harus mencintai Tuhan dan mematuhi perintah-Nya. Yesus Kristus memberikan dua perintah besar kepada kita. Yang pertama adalah internal dan yang kedua adalah eksternal.

Sebelum Yesus dikhianati, Dia memberikan perintah baru kepada para murid-Nya untuk saling mengasihi. Mengapa ini perintah baru? Karena dalam Perjanjian Lama, kita diperintahkan untuk mencintai Tuhan. Ini mencakup 4 dari 10 perintah pertama, yaitu mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, pikiran, dan kekuatan kita. Yang kedua adalah mencintai sesama seperti diri kita sendiri. Ini adalah Perjanjian Lama. Namun Perjanjian Lama tidak mengatakan saling mencintai. Cinta di sini menjadi tanggung jawab bersama. Jika kita saling mengasihi, orang akan tahu bahwa kita adalah murid Kristus. Itu adalah tanda dari murid Kristus yang sejati. Seperti yang Yesus katakan, dunia akan tahu kita adalah murid-murid-Nya jika kita saling mengasihi. Kami membuktikan bahwa kami adalah murid-murid Kristus melalui cinta kami.

Menjangkau secara eksternal, Kristus memerintahkan kita untuk pergi ke seluruh dunia dan memberitakan Injil kepada semua bangsa, membaptis mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, dan Dia akan bersama kita sampai akhir zaman. Karena itu, berdasarkan perintah ini, kita harus memberitakan Injil.
 
3. Cinta Kristus memaksa kita

Kita tahu Yesus telah mati untuk kita. Kita yang hidup harus hidup untuk Dia karena Dia mati untuk kita. Rasul Paulus terus mengkhotbahkan Injil terlepas dari semua penderitaan dan bahaya yang terus-menerus dia hadapi karena dia didorong oleh kasih Kristus. Dia secara internal termotivasi untuk mengkhotbahkan Injil. Apakah pengkhotbah itu baik atau buruk dapat dipastikan dengan bagaimana ia termotivasi dalam mengkhotbahkan Injil. Jika dia melakukannya untuk alasan pribadi apa pun itu tidak ada nilainya. Tetapi jika itu karena kasih Kristus, itu sangat berharga.

Kami mencintai karena Kristus pertama-tama mengasihi kami. Roh Kudus-Nya bekerja di hati kita. Sejauh mana kita memahami kasih-Nya didasarkan pada seberapa banyak kita memahami penderitaan-Nya. Semakin kita memahami penderitaan-Nya, semakin kita tahu bagaimana mengasihi Dia. Kami akan melakukan hal-hal yang orang tidak akan lakukan, menderita apa yang orang tidak akan menderita, karena kami terinspirasi oleh kasih Tuhan. Ia menerima kekuatan gaib yang melampaui kemampuan dan pengalamannya sendiri. Ketika kita mencintai seseorang, kita rela mati dan menantang semua keterbatasan kita. Tidak ada yang bisa menghentikan kita. Tidak ada bahaya yang bisa menakuti kita.

Apakah kita ingin memberitakan Injil? Ini bukan hanya masalah belajar dan berprestasi dalam ujian. Kita perlu diilhami oleh kasih Kristus, dan kemudian tanpa henti kita akan terus mengkhotbahkan Injil agar orang lain dapat berbagi dalam berkat-berkat.

Ketika kita dipaksa secara internal, itu bukan lagi pilihan kita. Kami tidak lagi memiliki kehendak bebas untuk melawannya. Tiba-tiba, kami beralih dari aktif menjadi pasif. Gelombang besar menggerakkan kita. Tidak ada cara bagi kita untuk melakukan hal yang berbeda. Rasul Paulus berkata bahwa kasih Kristus memaksa kita. Kekuatan-Nya untuk menaklukkan kita lebih besar daripada kekuatan kita untuk menolak. Inilah yang dimaksud dengan kuasa Kristus yang mengalahkan kita. Kami akan bekerja lebih keras dari biasanya. Apakah kita punya pengalaman seperti itu? Ketika kita melihat orang yang belum diselamatkan, orang berdosa yang terhilang, bagaimana perasaan kita?

4. Ini adalah kebutuhan pria

Hanya Kristus yang dapat melihat kebutuhan sejati manusia. Ketika kita lebih kaya, kita pikir kita membutuhkan hal-hal yang lebih baik. Kami menjual mobil lama kami dan membeli mobil baru. Kami mengubah furnitur dan gaya hidup kami. Kami memiliki kenikmatan kelas yang lebih tinggi. Konsep kehidupan yang lebih baik berbeda untuk orang yang berbeda. Tetapi kehidupan yang lebih bermakna lebih baik adalah menikmati budaya yang lebih dalam, seni, moralitas, kebenaran, bentuk musik yang lebih besar, bentuk cinta yang lebih murni, kedekatan dengan Tuhan. Ini adalah kehidupan yang lebih baik yang melampaui perubahan material. Jika kita tidak menambah pengetahuan dan menjadi lebih baik dalam karakter, dan kita berpakaian sendiri dengan semua jenis perhiasan, itu seperti babi dengan banyak pakaian mahal dan perhiasan di atasnya.

Yang benar-benar kita butuhkan adalah kasih Allah, terang kebenaran Allah dan sentuhan Roh Kudus. Dan dalam kehidupan kita, kita hendaknya menginginkan bagian dalam kontribusi kepada umat manusia. Yang paling membutuhkan adalah Injil Yesus Kristus. Ini sangat paradoks, karena walaupun ini adalah kebutuhan terbesar pria, itu juga kebutuhan yang paling tidak sensitif bagi pria. Itulah sebabnya sangat sulit untuk memberitakan Injil. Orang benar-benar membutuhkannya tetapi mereka tidak tahu mereka membutuhkannya. Gereja memiliki masalah di mana mereka hanya berkhotbah kepada mereka yang datang, daripada pergi keluar untuk mengkhotbahkan Injil. Agar orang-orang datang, kita harus pergi dan membuat mereka datang. Di satu sisi, kita tahu mereka membutuhkan Injil. Di sisi lain, mereka tidak berpikir mereka membutuhkan Injil. Hanya sedikit orang yang bersedia menjadi pengkhotbah. Ketika kita benar-benar ingin mempertimbangkannya, kita menjadi kalkulatif. Pengalaman kami memberi tahu kami bahwa orang tidak merasakan kebutuhan mereka sehingga kami terus ditolak.

Inilah paradoks Injil. Itu adalah kehendak Tuhan dan juga yang paling sulit untuk taat. Kami melihat ini dalam banyak hal. Bisakah kita hidup tanpa makan dan minum? Kita tidak bisa. Bisakah kita hidup tanpa bernafas? Kita tidak bisa. Bernafas lebih penting daripada minum, dan minum lebih penting daripada makanan. Udara lebih penting daripada air dan air lebih penting daripada makanan. Kita bisa hidup tanpa makanan selama 3 hari, tetapi kita akan mati tanpa air selama 3 hari. Dan kita akan mati tanpa udara selama 3 menit. Tetapi yang lebih penting lebih murah. Kami tidak pernah membayar satu sen pun untuk oksigen. Kami membayar minuman kami dan membayar lebih banyak untuk makanan. Yang paling penting tidak bisa dibeli dengan uang. Dan hal yang paling mahal dari segi moneter adalah hal-hal yang tidak benar-benar kita butuhkan.

Kita harus memberitakan Injil. Rasul Paulus berkata, celakalah dia jika dia tidak memberitakan Injil. Apa pun yang dia lakukan adalah untuk Injil. Kerja kerasnya, debatnya, penderitaannya, kematiannya, semua yang dia lakukan, semuanya demi Injil. Berapa banyak orang Kristen yang dapat menyatakan hal ini? Rasul Paulus berkata bahwa dia ingin orang lain membagikan berkat Injil. Mengkhotbahkan Injil adalah tindakan sejati yang membuat kita keluar dari keegoisan kita. Tuhan telah memenuhi kebutuhannya sehingga dia ingin memenuhi kebutuhan orang lain akan Injil.

5. Kita adalah orang berdosa yang ditebus dengan hutang

Semakin kita memiliki rasa hutang, semakin baik kita bisa menjalani hidup kita. Apakah kita tahu ketika kita berhutang sesuatu pada orang lain? Sikap orang yang sempurna adalah orang yang sadar akan hutangnya. Mengapa kita bersikap kasar kepada orang lain? Karena kita tidak berpikir kita berhutang budi pada mereka. Mengapa kita tidak menghormati orang? Karena kita tidak berpikir kita harus menghormati orang lain. Kita akan masuk ke dalam kesempurnaan ketika kita melihat apa yang kita miliki. Orang yang benar-benar rendah hati tidak menganggap dirinya rendah hati. Seseorang yang bergerak menuju kesempurnaan tahu bahwa ia tidak sempurna.

Jika kita tidak merasa berhutang budi kepada Tuhan untuk memberitakan Injil, kita tidak akan memberitakannya. Rasul Paulus merasakannya dengan sangat dalam.

Sikap seperti apa yang kita miliki dalam mengkhotbahkan Injil? D.L. Moody mengatakan dia tidak bisa tidur jika dia tidak memberitakan Injil selama satu hari. Dia bukan penginjil hanya untuk massa, tetapi dia sangat rajin dalam penginjilan pribadinya.

Semoga kita membuat perjanjian dengan Allah di tahun baru ini bahwa kita akan berbuah bagi-Nya, untuk taat kepada kehendak-Nya, untuk dibatasi oleh Roh-Nya, untuk diilhami dan memiliki rasa hutang kepada Allah sehingga kita bersedia untuk bagikan Injil kepada orang lain.

Topeng dan Temanku N

Cukup sering aku bertemu dengan N waktu dalam bekerja. Dan pas waktu itu kita dapat duduk bersama makan pagi dan siang (Brunch= Breakfast dan Lunch). Menunggu makanan yang kami pesan hendak disajikan, kami pun ngobrol.

Gw kenal N belum lama mungkin hanya sekitar 2 tahun. Gw mengenalnya dari waktu kami bekerja dalam perusahaan yang sama. Setelah pertemuan pertama kami pun saling mengenal lebih jauh ternyata dia seorang anak Tuhan. Tentu senang dong kalau ketemu dengan anak Tuhan (seharusnya begitu kan – jangan sampe kita merasa seneng kalau ketemu sama anak setan) namanya saudara seiman dalam Tuhan.

Ternyata N dulunya aktif banget dalam gereja, bahkan dia berencana hendak menjadi hamba Tuhan tetapi mungkin pertimbangan keluarga maka rencana itu ditunda sampe entah kapan. Gw cukup terkesan ketika dia bercerita waktu dia masuk ke perusahaan dimana kita berkerja dia langsung mengatakan untuk tidak mau bekerja pada hari Minggu (karena biasanya bagi pekerja baru, dia ditempatkan pada jadwal yang tidak enak, jadwal kerja tengah malam hingga pagi hari, bekerja pada hari Sabtu dan Minggu – karena perusahaan dimana kita bekerja buka 7 hari nonstop), karena hari Minggu dia ingin berbakti kepada Tuhan.

Entah mengapa N bercerita mengenang masa lalunya tetapi kini dia tidak ke gereja sama sekali! Apa yang terjadi? Berulang kali aku mendorong dan mengajak untuk datang ke persekutuan rumah tangga, tetapi N selalu mempunyai alasan yang masuk akal untuk tidak dapat datang ke gereja. Gw tentu enggak bisa memaksanya donk.

Yang selalu gw inget selama kita berteman dan seringkali kita ngobrol, dia pernah berkata, “Ah gw sekarang malas ke gereja.”

“Kenapa?” tanya gw.

“Iya di gereja banyak orang munafik.”

“Lah betul sekali ucapan elo, memang orang munafik itu perlu bertobat, maka mereka perlu datang ke gereja berbakti kepada Tuhan.” jawab gw. Tapi mungkin dia kagak senang dengan jawaban gw.

“Kalo ke gereja kan orang munafiknya jadi lebih baikan donk. Enggak tetep munafik, malah kayaknya ada yang tambah menjadi-jadi.” balas N kagak mau kalah. Percakapan kita enggak berlanjut.

Gw pikirin tuh percakapan dengan N. Siapa sih dari kita yang enggak munafik? Orang munafik kan biasanya didepan tampak saleh, baik, keren tetapi sebenarnya dibalik itu hidupnya berantakan, pemberontak dan banyak hal negatif lainnya. Siapa yang sih yang mau ke gereja? Kalo diberi pilihan sebebas-bebasnya mungkin kita akan memilih engga ke gereja. Siapa sih yang mau ke sekolah? Kalau diberi pilihan bebas sih mending nonton bioskop atau jalan-jalan ke mal. Tetapi demi supaya pacar kita berkata bahwa kita adalah orang yang saleh maka kita ke gereja aza deh, atau demi supaya ortu enggak marah-marah ya kita ke sekolah dech.

Nah terus kalo ada orang yang ngaku dia orang Kristen terus enggak mau ke gereja, ke rumah Tuhan, koq rasanya kurang masuk akal. Harusnya wong Kristen kan cinta Tuhan maka dia akan sukacita kalo ke rumah Tuhan. Karena dia ke rumah Tuhan kan mo ketemu sama Tuhan. Kecuali kalo ada kamsud laennya ya angkat tangan dech. Memang dia bukan anak Tuhan kali. Entah anak siapa.

Semaraknya dunia maya tak dipungkiri sebagai orang Kristen juga ikut imbasnya, dari jemaat biasa, jemaat engga biasa, sampe pendeta and pendeti, semua ikut mejeng di dunia maya atau lebih tepatnya sosmed (sosial media) yang pasti bukan sosis medan 🙂 Apalagi dalam suasana Natal begini tentu pemejengan di sosmed itu bertambah, belum lagi trend terakhir ber-selfie ria yang tambah memarakkan sosmed.

Salah atau benar sosmed hanya sebuah media, alat untuk penjangkauan di komunitas seseorang. Yang engga punya komunitas juga bisa mejeng dirinya sendiri tanpa biaya marketing atau biro iklan. Pewartaan diri ini apa salah? Yangg engga pernah terjadi pada waktu-waktu sebelumnya apalagi pada jaman kakek nenek kita kali. Yang mungkin bagi orang ‘dulu’ pewartaan diri itu tabu, alias engga mau menonjolkan diri sendiri.

So apa hubungannya dengan Natal? Natal atau tepatnya pewartaan kelahiran Anak Allah di dunia ini. Allah pake sosmed melalui para malaikat kepada Mikha, Yesaya (nubuatan), Maria, dan para gembala serta orang majus (melalui ilmu perbintangan). Dan sebenarnya masih ada satu lagi oknum yang mendengar pewartaan kelahiran Kristus itu adalah Herodes. Yang kalau menurut sosmed jaman sekarang Herodes akan akan beri Like alias jempol untuk warta kelahiran Kristus tersebut. Tapi apakah hal “Like” itu tulus dari dalam hati Herodes, itu yang dipertanyakan. Tentu kita tahu kalau membaca dari Alkitab bagaimana karakter Herodes sebagai raja penguasa tentu tidak mau ada saingan.

Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.” Mat.2:3, 4, 7, 8

Kedengarannya aja Herodes pengen datang menyembah bayi Yesus. Percaya atau tidak, pasti Herodes kagak mau ada saingan bakal raja bagi dirinya. Tidak heran kalau dia mempunyai rencana jahat misalnya untuk membunuh bayi Yesus. Hal itu terlihat dengan tindakan Herodes yang selanjutnya, Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu. Mat2:16

Balik lagi ke judul di atas. Ternyata Natal pertama itu sangat sederhana ga neko-neko, ga pake sensasi, ga pake selfie,  tapi banyak didengar orang bahkan menjadi berita yang menakutkan bagi beberapa orang. Lain dengan dunia kita sekarang. Peristiwa yang harusnya sederhana kini akan menjadi sensasi, akan di eksploit menjadi berita heboh. Karena kecanggihan tekno sepersekian detik akan merajalela di seantero dunia.

Dan sebaliknya. Berita Allah tentang Kebenaran akan ditolak mentah-mentah oleh manusia. Sedangkan berita hoaks yang kagak tau juntrungannya akan menjadi sensasi dan dipercaya. Menyedihkan? Welcome to our world. Tidak heran manusia dari dulu sampai sekarang akan tetap menolak kebenaran. Karena dosa. Bukankah kita juga lebih tertarik kepada berita-berita yang aktual dengan keinginan tahuan yang besar daripada berita Kebenaran.

Denag adanya MedSos berita-berita simpang siur akan jauh lebih mudah mendekati kita. Dan akan lebih mudah pula untuk menjauhkan kita dari berita Kebenaran. Karena kita akan lebih menikmati memikirkan merenungkan berita-berita “benar” di MedSos itu yang membuai kita daripada Alkitab. Kiranya ditengah maraknya berita-berita MedSos kita masih bisa lebih banyak waktu untuk merenungkan Firman Tuhan.

Giftmas

Apakah Christmas hanya akan menjadi Giftmas? Antar pertukaran hadiah sesama anggota keluarga, teman, kolega, teman bisnis, anggota jemaat gereja. Dan hanya akan menjadi tradisi baru tiap tahunnya.

Di negara barat ada banyak stasiun radio yang mengalunkan lagu-lagu Krismes selama sebulan sampai tanggal 25 Desember dan setelah Natal stasiun itu akan kembali mengudara dengan lagu sekuler. Sebuah stasiun radio mengatakan dengan program tersebut hendak mengembalikan semangat Natal.

Tetapi apakah semangat Natal hanya mendengarkan lagu-lagu nostalgia Natal tanpa mengerti apa makna Natal sesungguhnya. Hal itu hanya menjadi fenomena sementara yang akan menjadi bosan. Menjadi biasa. Lagu yang terdengar seperti lagu pop. Yang dinikmati lagunya, ketukannya, mungkin juga syairnya. Hanya sekedar penghibur telinga.

Hanya seperti tradisi Natal. Tradisi yang masih nge-trend sampai sekarang adalah memberi hadiah. Secara tidak langsung adalah tukar menukar hadiah. Karena kalau saya memberi hadiah teman saya si A. Maka A untuk mengucapkan rasa syukur terima kasihnya akan memberi hadiah kepada saya. Kebiasaan yang terjadi si A akan memberi hadiah atau kado yang kalau bisa lebih bernilai atau lebih mahal harganya dari kado yang saya beri.

Hal ini akan berlanjut dengan tradisi pemberian kado untuk tahun depannya. Saya akan memberi hadiah yang lebih baik dari pemberian si A tahun lalu. Demikian seterusnya. Bahkan menjadikan setiap orang harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk pembelian kado tersebut.

Tradisi Natal adalah baik adanya. Tetapi jika hanya itu yang menjadi fokus daripada Natal. Maka hanya kekosongan saja yang akan didapat. Peristiwa Natal terjadi karena ada peristiwa Allah turun ke dunia ini dengan menjadi seorang bayi. Itulah Hadiah yang utama untuk manusia. Itulah seharusnya Giftmas yang sejati.

Pemberian Hadiah tanpa meminta balasan. Well, gak bakal masuk akal bagi manusia . Tapi itulah Tuhan yang mengasihi manusia tanpa minta balasan. Tuhan hanya mau menyelamatkan manusia. Karena Dia tau manusia yang lemah itu bakal masuk neraka. Maka Dia harus datang menolong manusia. Menebus manusia.

Maka Yesus harus menjadi seorang manusia untuk bisa menebus manusia. Manusia yang seharusnya mati, maka sekarang Yesus yang mati sehingga manusia bisa beroleh hidup. Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, Ef.1:7

Luar biasa. Tuhan memberikan anugerah ini hanya kepada orang-orang yang dikasihiNya. Diluar itu manusia tidak akan mengerti bagaimana Tuhan mau berkorban untuk ciptaanNya. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Roma5:8

Ciptaan yang Mahal

North-Shore-Vancouver-Deep-Cove-Hiking-Trail-Food-view-1Lima bulan waktu telah berlalu dengan ‘sengaja’ tak terasakan. Dan selama itu gw gak menulis. Bener-bener dech. Alasan? Ooh jangan kuatir gw pasti punya buanyak alasan yang mungkin bisa gw tulis as a novel. Ha..ha..ha..

Tapi header yang udah gw ganti dan background jadi suasana summer musim panas. Ya itu musim yang sekarang kita jalani disini meski mungkin tinggal 2 bulan lagi udah kembali ke musim gugur. Musim panas adalah musim dimana banyak digunakan masyarakat di Amrik Utara sini untuk kegiatan luar ruang (outdoor). Maka kegiatan panca indera manusianya kemungkinan besar bersentuhan dengan alam.

Yang terutama tentu adalah indera mata yang menjadi salah satu sensor untuk mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Yang tak akan dapat digantikan dengan media apa pun juga. Maka kalau ada “tour” untuk menikmati keindahan alam yang begitu indahnya dan biayanya juga mahal; seharusnya itu lumrah. Kualitas bagus harus dibayar mahal.

Baru-baru ini di internet sempat terberitakan tentang penjualan apartemen di kota Vancouver yang mahal harganya yang menjadikan salah satu rekor termahal di negara Kanada. Harganya mencapai 25 juta dolar Kanada. Kalau di Rupiahkan mungkin seperti ini Rp. 268.066.124.040,- (dua ratus enampuluh delapan milyar …….)

Keistimewaannya  yang gw duga adalah pemilik apartemen tersebut bisa melihat menikmati 360 derajat keliling pemandangan yang ruar biasa indahnya. Bayangin kalao di ruang tamu sekali menoleh ke jendela ngeliat pemandangan gunung, laut, lampu-lampu kota berkerlap-kerlip, matahari yang terbit dan terbenam.

Di kamar tidur sekali membuka jendela akan terlihat pemandangan indah dengan sisi yang berbeda. Di dapur, ketika capek memasak menoleh ke sebelah, terlihat pemandangan yang dapat menghibur kepenatan tubuh. Dan pemandangan-pemandangan itu dihargai sekitar 25 juta dolar.

Mahal? Tergantung! Murah! Yang membeli apartemen tersebut seharusnya membayar royalti kepada sang pencipta pemandangan. Jadi 25 juta itu dihitung-hitung sih murah. Karena si pembeli apartemen, setelah beli apartemen tersebut dia juga “memiliki” pemandangan tersebut.

Bulan Juli yang baru kemarin, gw sempet mendaki bukit atau gunung yang gak tinggi-tinggi amat. Perjalanan mendaki sekitar 90 menit. Tetapi cukup melelahkan karena pendakiannya mirip kalo kita naik tangga. Belom lagi harus memanjat dengan bantuan rantai di bebatuan raksasa dan celah-celah yang sempit. Alhasilnya setelah mencapai di atas bukit, tampak pemandangan yang indah luar biasa. Sulit dijelaskan dengan kata-kata. Lebih mudah ngeliat aja. 🙂

Pemandangan yang begitu indah, harus dibayar dengan harga yang “mahal”. Kita harus menyediakan waktu, tubuh kita bakal capek, biaya transportasi dan mungkin banyak yang lainnya. Secara realita, kita sering melupakan akan sang pencipta dari pemandangan yang begitu indahnya.

Kalau ikut pake konsep penjualan rumah mewah yang 25 juta itu karena pemandangannya yang indah. Berapa biaya yang harus kita bayar untuk Tuhan kalau semua hal dalam hidup kita harus dibayar? Manusia gak bisa bayar. Berapa yang harus dibayar. Oksigen 24 jam aja enggak murah. Tubuh organ manusia untuk bisa bekerja normal juga ada biayanya. Mentari yang kita nikmati berapa biayanya. Hiasan tumbuh-tumbuhan pohon yang hijau disekitar kitar, berapa biayanya.

Manusia paling bisa hutang. Ngebayarnya? Kalau ada duit. Gitu kali ya jawabnya. Karena bagaimana mungkin. Contoh: seorang pemuda berusia 20 tahun. Kalau dia harus bayar hidupnya yang selama 20 tahun juga kagak bakal lunas tapi karena dia harus hidup dia bakal hutang lagi. Hutangnya numpuk. Manusia gak bisa bayar lunas.

Eh begitu, manusia masih belagu. Masih pongah. Dibilang semua itu emang udah dari sononya. Ciri manusia itu begitu kali ya. Udah dipojok kefefet masih belagu. Maka itu kalau dipikir-pikir mana bisa sih manusia itu menyelamatkan dirinya sendiri? Enggak bisa. Apalagi menyelamatkan orang laen. Mimpi kali.

Kita menganggap itu sudah sewajarnya. Dunia diciptakan untuk kita. Untuk kita nikmati. Tetapi seharusnya kita mengucap syukur akan anugerah tersebut. Bukan itu saja seharusnya kita mengucap syukur kepada Tuhan akan segala hal dalam hidup kita. Tetapi seringkali kita udah terbiasa, kita menganggap itu hal yang wajar.

Biarlah kita tidak bosan-bosannya mengucap syukur selama dalam hidup karena Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!

Numpang share nggak panjang-panjang. Dari kotbah Minggu kemaren di gereja HFAN yang diambil dari 1 Yohanes 2:28. Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. 2:29 Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.

Dari kata kunci ini gw teringat akan tulisan Yohanes yang laen yakni yang ada di buku Yohanes 15 ayat (4) Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. (5) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. (6) Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Apa yang dimaksud dengan tinggal didalam Aku (Kristus)? Pak Gagan memberi contoh tinggal seperti didalam rumah. Kalau tinggal didalam rumah itu ada 2 hal yang perlu diperhatikan yakni pertama Status dan kedua (bagaimana) Hidup di rumah tersebut. Kalau Status kita adalah tamu di rumah tersebut maka jelas Hidup kita juga sebagai tamu bukan pemilik rumah tersebut.

Kalau Status kita sebagai anak Pemilik Rumah maka Hidup kita mencerminkan kita “pemilik” rumah tersebut. Ketika Status kita menjadi Anak Tuhan, maka Hidup kita harus mencerminkan Hidup didalam Kristus.Karena konsepnya Kita tinggal didalam Kristus dan Kristus ada didalam kita. Dan jika kita ada didalam Dia maka pasti kita akan berbuat kebenaran, bukan berbuat kebaikan.