Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘cyborg’

Aku Robot

Sewaktu menulis Nobody Perfect, pas nyari videonya keempat polisi yang menembakkan taser kepada Robert Dziekanski di You Tube, edalah koq nemu videonya pameran robot terbesar di dunia yang diadakan di Jepang. Video yang ada adalah robot yang yang berbentuk dalam tubuh wanita, dari kejauhan kalau robotnya itu dinyalakan, kita pada kagak tahu itu manusia sungguhan atau bukan.

Dan dalam demonstrasi robot tersebut berkelakuan mirip manusia meski masih kaku gerakannya. Tetapi pameran robot yang gw lihat itu berlangsung pada tahun 2005. Dan kebetulan pameran tahun ini akan diadakan pada 28 Nopember sampe 1 Desember dan tentu entah bagaimana perkembangan robot tersebut, apakah akan lebih sempurna?

Para ahli robotik menciptakan robot dengan tujuan untuk membantu atau menolong manusia (misalnya membukakan pintu, mengambil surat, menerima telepon, mengetik dsb-nya). Tetapi hal itu akan membuat manusia lebih malas dan malas lagi, bukan semakin efektif dan efisien. Apakah hal ini kemajuan atau kemunduran bagi ras manusia?

Bayangkan kalau elo lagi antre di halte bis kota, terus tiba-tiba cewek disebelah elo nyapa elo, “Halo apa kabar? Hari ini bagus banget cuacanya. Perkenalkan nama saya Akiko….” Terus elonya kan kaget, ngamatin tuh cewek. Tapi koq ada yang aneh sama tuh cewek. Kulitnya putih sih putih (karena berasal dari kulit silikon). Matanya kalau berkedip juga aneh, kayak diatur. Terus mulutnya kalo ngomong sih bergerak-gerak tapi suaranya kayaknya ngga keluar dari mulut tuh cewek. Cewek dari mana neh ya? Teru elonya masih bengong-bengong. Si Akiko tiba-tiba mendekatkan dirinya ke colokan listrik dan bilang, “Sorry, aku harus di recharge kembali.” Terus diambil kabel charging dicolokin ke belakang kepalanya (inget kayak film Matrix). Elonya jadi terkaget-kaget. Apaan tuh? Emangnya handphone berjalan pake di charge segala?

Keinget film Matrix sebentar, seperti Neo yang akhirnya menjadi Cyborg, setengah manusia setengah robot; demikian pula (dengernya) banyak manusia yang pengen jadi cyborg. (mungkin asal ngomong kali ya) Ato mungkin kebanyakan nonton film seri Star Trek.

Kadang kalo dipikir kebanyakan film jaman baru menceritakan bahwa robot menguasai dunia, menguasai manusia (film-film I Robot, Terminator, Matrix). Belom sampe ke waktu itu, sekarang aja, manusia telah dikuasai komputer. Hidup manusia kayak robot. Lima hari bekerja (kebiasaan kerja di Amrik) pagi-pagi jam lima bangun, ambil surat kabar, memasak kopi, menyiapkan makan siang, lalu mengendarai mobilnya, ditengah kemacetan pergi ke tempat kerjanya. Sampai di tempat kerja, menyapa teman kerja (kebiasaan) mengecek email di komputer, melihat agenda kerja hari ini dan seterusnya demikian lima hari.

Demikian hari Minggu. Bangun pagi, makan pagi, pergi ke gereja, selesai bersosialisasi, pulang gereja, makan siang dan seterusnya. Jika kita hanya melakukan hal itu sebagai kebiasaan atau rutinitas, maka kita tidak lebih dari sebuah robot.

Tuhan menciptakan manusia tidak untuk menjadi robot (kita dicipta menurut gambar dan teladanNya) maka manusia hidup juga mempunyai tujuan. Sebagai orang Kristen tentu kita memandang pada tujuan Allah daripada tujuan kita pribadi.

Allah bermandat untuk “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Tuhan menciptakan seluruh alam semesta ini agar manusia dapat menikmati semua karya ciptaanNya dan Ia mau agar manusia menjadi wakil atau duta-Nya dalam mengelola dan memerintah semua yang ada dalam semesta ini.

Tapi sering kali ekplorasi manusia terlalu jauh mungkin oleh karena ketamakan, tantangan bahkan kesombongan. Bisa jadi pembuatan robot merupakan tindakan ‘melawan Allah’ menantang Allah jika Allah dapat mencipta manusia dengan begitu sempurnanya, manusia mengapa tidak dapat menciptakan ‘manusia’. (seperti tindak penemuan kloning)

Tentu saja penciptaan robot akan menguntungkan manusia (seharusnya) tetapi seringkali keuntungan tersebut diselewengkan menjadi suatu berhala, kejahatan dan dosa.

Video:

http://www.youtube.com/watch?v=WbFFs4DHWys&feature=related

Advertisements

Read Full Post »