Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘santa claus’

Ribut Parade

Di kota-kota besar di Canada hampir setiap tahun pada akhir tahun diadakan parade Santa Claus (di Indo, Sinter Klas klo engga salah) tentu untuk merayakan tradisi legenda si kakek tua gendut berjubah merah dengan jenggot putihnya yang panjang menjelang Natal. (meski banyak orang yang mengasumsikan Santa Claus dengan perayaan Natal – padahal maknanya sangat jauh berbeda).

Nah parade itu kan memakan biaya, meski banyak sponsor dari perusahaan-perusahaan besar (yang tahun ini dirayakan tanggal 25 Nopember 2007). Tetapi tetap akan makan biaya yang besar. Maka banyak kalangan yang kontra mengajukan keberatan akan perayaan tersebut (alasannya parade tersebut seakan menunjukkan kemewahan). Meski beberapa walikota wilayah distrik tetap menghendaki perayaan tersebut tetap jalan (alasan mereka justru perayaan itu untuk semua kalangan, dari yang miskin sampai super kaya, dari yang kecil sampai kakek nenek).

Nah mungkin ribut-ribut itu ada maksud dibalik pendapat mereka. Jadi gw pikir mereka cuma gede-gedein aza tentang masalah tersebut. Eniwei gw pikir perayaan itu kan hanya memperingati (dan menikmati ?). Lah kalo nggak ada perayaan ya udah toh. Emang gw pikirin. Kan gitu. (gitu aza koq repot)

Terus gw keinget, gimana yo dengan orang Kristen pada akhir tahun ini yang bakal ngerayain Natal? Misalnya orang Kristen engga bisa ngerayain Natal. (disebabkan berbagai masalah mungkin bencana alam, politik, biaya, perang misalnya) Apa kita tetap akan ngotot ngerayain Natal juga? Engga perlu kan. Maka itu klo dipikir lagi perayaan Natal orang Kristen jadinya adalah rutinitas, yang harus tiap tahun dirayakan (wajib karena kebiasaan).

Mungkin kita belom mengalami Natal bersama orang Kristen bawah tanah di Cina daratan (atau di Rusia). Belom tentu mereka bisa ngadain perayaan Natal. Bisa jadi mereka hanya memimpikan hal itu. Ato mereka ngerayain Natal dengan sembunyi-sembunyi dan sediam mungkin. (bersuara artinya penjara ato hukuman seumur hidup)

Sedangkan ditempat laen ato di gereja kita, Natal dirayakan dengan penuh kemewahan bergemerlapan karena tradisi kebiasaan. (maka itu kayak usul teman gw, gereja perlu tuh shock terapi, sekali-sekali gereja tidak merayakan Natal. Lalu gimana ya reaksi orang Kristen di gereja itu?)

Advertisements

Read Full Post »