Marahkah Umat Kristiani

Ngeliat gambar disamping, dahi pun mengernyit. What da heck. Gw juga baru tau, kalo ada gambar ‘n berita macam begini. Tentu hal ini pelecehan bagi umat Kristiani. Sampai Pope Benedict XVI sempet protes, ini sudah kebangetan. Meski beliau suka pada binatang alias animal lover, tapi yang satu ini kagak bisa diterima. Bukan saja pelecehan, penghinaan bagi umat Kristen bahkan kelewatan, menghina Tuhan. Apalagi yang membuat karya edan ini masih sempet membela diri, ini kan seni. Inget kan kalau seni itu kagak bisa dibatasi.

Kayaknya belom ada berita yang menceritakan bahwa ada kelompok Kristen yang protes atau mengancam si seniman untuk membakar karyanya misalnya. Atau jangan-jangan banyak orang Kristen yang berpikir, emangnya gue pikirin?

Bayangin aza kalau hal ini terjadi sama ‘saudara sepupu kita’. Sang senimannya bakal kagak dapat hidup tenang lagi. Harus bersembunyi. (inget kasus Salman Rusdi). Apa bener orang Kristen pada cuek, melempem, atau memble dalam membela imannya?

Keinget bahwa Tuhan kita Tuhan Yesus pada masa akhir hidupnya, abis-abisan apa yang diterimanya. Setelah tuhan di tangkap maka bukan perlakuan VIP yang diterimanya, tetapi sebaliknya. Dihina, dicaci, diludahi, dilempari, dipukuli, memanggul kayu salib, dicambuk sampai berdarah-darah, memakai mahkota berduri sampe dipaku kedua kaki tangannya di atas kayu salib. Engga kurang pernghinaan yang diterima Tuhan. Jadi kalau kodok (katak) ijo disalib di atas kayu salib, mungkin sebagai bahan humor atau ejekan untuk orang Kristen, inget bahwa sebelumnya Tuhan telah menerima perlakuan seperti itu.

Tidak perlu kita ngeliat ada peristiwa seperti ‘penyaliban kodok ijo’ itu sebagai hinaan bagi Tuhan orang Kristen atau kepada umat Kristen. Tetapi pada peristiwa sehari-hari telah banyak koq manusia yang kagak pernah menghormat Tuhan alias menghina Tuhan sang Pencipta manusia. Perbuatan dosa yang terus lancar dijalankan oleh manusia tanpa rasa bersalah (meski gw tau dalem atinya pasti ati nuraninya akan bercuap-cuap tetapi kagak dihiraukan). Atau paling gampang contoh di kehidupan sehari-hari. Berapa banyak orang yang menggunakan nama Tuhan Yesus sebagai kutukan! Di negara barat hal itu sudah umum. Engga ngerti sich kenapa pas mengutuk itu koq pake membawa-bawa nama Yesus.

Kalo pas gw ada disebelah orang yang gw tau sedang mengutuk dengan membawa nama Yesus, gw bakal menyelutuk, eh jangan sembarangan sebut-sebut nama Tuhan gw yach. Kalau keinget peristiwa dua tiga tahun yang lalu peristiwa penyaliban kodok ini bukan apa-apa kalau dibanding dengan penerbitan buku Da Vinci Code yang sensasi sekaligus menghujat. Ada protes dari pihak gereja? Kayaknya lebih banyak yang menikmati daripada menolak atau mengecam karya Dan Brown itu.

Inilah ironisnya, orang dunia menghina mati-matian kekristenan, orang Kristen cuek saja (karna bukan menyangkut pribadi mereka koq). Apalagi di dunia barat menganut demokrasi (fanatik) bebas berpendapat, bebas bersuara, hidup bebas. Karena suara rakyat mempunyai kuasa atas pemerintahan. Maka kalau dalam dunia seni, istilahnya adalah ‘kebablasan’. Bukan hanya ‘Tuhan’ saja yang dikaryakan dalam seni tanpa batas itu, pribadi presiden juga ‘dipermainkan’ karena dianggap seni juga.

Karakter Kristen bukan saja mengasihi. Tetapi umat Kristiani juga berani bersuara. Menegur yang berdosa. Mengkritik yang perlu dikritik. Seperti Yohanes pembaptis yang berani menegor raja Herodes (ketika mengambil istri saudaranya). Karena tidak bisa tidak, umat Kristen sejati bagaikan pelita di kegelapan. Bercahaya. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Kiranya kita tetap berdoa memohon Tuhan tetap menjadikan kita terang bagiNya di tengah dunia ini.

9 thoughts on “Marahkah Umat Kristiani

  1. bukannya kita gak marah… ya kita juga marah. siapa yg senang agamanya dilecehkan. tapi Tuhan meghgajarkan kita kasih. Tuhan menyuruh kita untuk mengampuni sesama kita. So dalam kita beriman kepada Tuhan, kita doakan aja orang itu supaya berubah. Seterusnya, Tuhan akan bertindak. Tuhan akan memberikan ganjaran bagi orang yang menghinanya. Jadi kita harus tetap tegar. Jangan terpancing emosi. Ingat tubuhmu adalah bait Allah. Jangan kita merusak kekudusan itu dengan emosi akan hal itu…
    so mari kita mengasihi dia. Karena Tuhan mengajarkan untuk saling mengasihi….
    God Bless Us

  2. mm… aQ sih dari awal liat biasa aja… malah ikut ketawa….

    bukannya gak beriman ato gimana…. aQ boleh dibilang kristen fanatik … dan temen2Q mengakui klo aQ termasuk dalam kategori fanatik…..

    tpi menurutQ kita sebagai umat Kristen yg benar gak perlu banyak cingcong ato banyak aksi kayak sodara sepupu kita yang sukanya teriak2 tiap hari ama bawa2 pedang, karena tuhannya melempem… kalo gak dibela tar ke’sakti’annya hilang….

    tenang aja deh broo… Tuhan kita biar mo dibilang kodok keq… apa lah…. tersera deh mereka mo bilang apa…. toh bagiQ DIA tetaplah luar biasa….. dan segala macam hinaan justru semakin membuat kemuliaanNya bersinar…

  3. DON’T PUT PICTURES LIKE THIS ANYWHERE !!!! you don’t have right to do things like that to DELETE THIS PHOTO 😐 :|:|:|

  4. Entah apapun itu….hinaan cacian sindiran ataupun hujatan……tetapi kita sebagai umat NYA tetap berjalan saja pada jalan dan Ajaran YESUS SANG JURU SELAMAT…..di sadari atau tidak di sadari janji janji TUHAN akan di genapi…..Siapa menabur dia akan menuai…..

  5. Saat Yesus ditangkap di Taman Getsemani, Simon Petrus menghunus pedang dan memenggal telinga hamba imam besar.
    secara singkat Yesus berkata “sarungkan pedangmu krn barang siapa menggunakan akan binasa oleh pedang… Aku dapat berseru kpd BapakKu dan Dia akan mengirimkan lebih dari 12 pasukan malaikat membantu Aku… (Matius 26 : 52-53)
    Kasihilah musuhmu dan ampunilah mereka, krn itulah hakekat kasih.

  6. Halah itu gk ada hubungannya dg iman kristiani bro…sist. Biarin saja, toh Tuhan kita adalah Allah yg hidup dan pembela umatNya. Gk perlu kita turun tangan kaya sepupu kita yg tuhannya saja mesti diteriakin tiap kali mau sembahyang krn biar bangun, klu ada penghinaan mereka turun jalan bawa senjata yg katanya membela agama tuhan hahaha… Kasihan krn tuhannya gk bisa bela dirinya sendiri jd ya mereka dg bodohnya turun ke jalan dan merusak apapun…kasihan. Tuhan ku yg hidup adalah Yesus sbg pembela ku saat aku dlm bahaya sekalipun…amin. Gbu all.

  7. sejak kedatangan-Nya yang pertama kali, sudah berapa kali Dia dilecehkan, dihina, dicaci, dikatai, dan sebagainya ? tapi apa yang Dia katakan ? kasihilah musuhmu, siapa yang menampar pipi kiri, berikan juga pipi kananmu. Dia bisa saja membalasnya, tapi bagaimana dengan kitab suci yang mengatakan bahwa Dia adalah Penasihat Ajaib ? jika seorang penasihat melakukan hal yang buruk, adakah yang mau mengikuti nasihatnya ? Dia juga berkata kepada kita semua, umat-Nya : DUNIA MEMBENCI KAMU, KARENA KAMU BUKAN BERASAL DARI DUNIA. DAN SEKALIPUN KAMU BERASAL DARI DUNIA, PASTI DUNIA AKAN MENERIMA KAMU, TAPI YANG ADA KAMULAH YANG DIBENCI OLEHNYA. kita sudah menjadi milik YESUS KRISTUS, dan oleh sebab itu dunia membenci kita. Tuhan memberkati kalian semua.

    since the arrival of his first time, how many times he was abused, insulted, abused, to be told, and so on? but what He said? love your enemies, who slapped the left cheek, offer the right cheek. He could have responded, but what scripture says that He is the Wonderful Counselor? if an adviser did a bad thing, is there any who would follow his advice? He also told us all his people: WORLD HATES YOU, BECAUSE YOU IS NOT FROM THE WORLD. AND EVEN IF YOU COME FROM THE WORLD, THE WORLD WILL ACCEPT YOU SURE, BUT THAT THERE you who HATED by it. we already belong to Jesus Christ, and therefore the world hates us. God bless you all.

Leave a comment